Membuat nada dering unik dengan aplikasi text to speech sedang menjadi tren baru saat ini. Tak heran apabila tokoh kartun yang sangat populer seperti Doraemon dan Spongebob menjadi rebutan banyak orang untuk digunakan sebagai tanda notifikasi pesan masuk di WhatsApp.

Cara Pasang Sound Of Text Anime Di Wa
Cara Pasang Sound Of Text Anime Di Wa

Untuk membuatnya, ada dua aplikasi yang bisa kalian gunakan, yang pertama adalah vo.codes dan yang kedua adalah uberduck.ai. Baik vo.codes maupun uberduck.ai sama-sama memiliki koleksi suara dari karakter fiksi yang banyak. Kita bisa memanfaatkannya sebagai nada notifikasi dengan cara sound of text di Whatsapp berikut ini.

  1. Kunjungi situs http://vo.codes melalui smartphone maupun laptop
  2. Akan ada dua kolom utama, yang pertama adalah kolom untuk speaker atau pengucapnya nanti dan yang kedua adalah informasi dari pengucapnya.
  3. Di kolom pertama, pilih jenis karakter yang akan Anda gunakan, apakah itu karakter kartun atau film tertentu
  4. Selanjutnya di kolom kedua Anda harus memilih suara siapa yang akan Anda gunakan, apakah itu Spongebob, sound of text Doraemon, Sonic, suara Yoda dari Star Wars dan lain sebagainya
  5. Selanjutnya, Anda harus mengisi teks box di bawahnya dengan kata-kata yang akan Anda ubah menjadi suara. Untuk situs vo.codes dibatasi hanya 500 karakter saja.
  6. Langkah terakhir, pilih Speak kemudian cek apakah suara yang dihasilkan sesuai dengan yang Anda inginkan
  7. Unduh file audio atau MP3 nya.
Opsi Suara Spongebob Sound Of Text Di Vocodes
Opsi Suara Spongebob Sound Of Text Di Vocodes

Mudah bukan? Kamu bisa membuat mulai dari suara Doraemon, SpongeBob hingga lainnya dengan mudah. Lalu bagaimana cara menggunakan sound of text ini? Ada beberapa pemanfaatannya yakni sebagai berikut ini:

#1 Cara pasang MP3 Sound of Text Jadi Nada Dering WA di Android

Untuk cara pasang MP3 Sound of Text anime Jadi Nada Dering WA di Android adalah sebagai berikut. Buka WhatsApp, selanjutnya buka Setting. Setelahnya masuk ke Notification, Anda bisa mengganti notifikasi pesan, panggilan hingga grup sesuai dengan file yang sudah Anda buat. Lebih lengkapnya bisa kamu pelajari di tutorial berikut ini: https://blogs.itb.ac.id/wikia/buat-nada-dering-wa-dengan-tts/

#2 Cara Pakai Fitur Text to Speech di TikTok

Selain digunakan sebagai nada dering, Anda juga bisa menggunakan Text to Speech atau TTS dalam video TikTok. Nah berikut langkahnya. Pertama rekam terlebih dahulu video Anda, kemudian ketik teks yang akan diubah menjadi suara. Selanjutnya tekan tahan teksnya, sehingga muncul opsi text to speech dan pilih opsi tersebut sampai nantinya teks akan berubah menjadi suara.

#3 Nada Dering WA Menyebutkan Nama Dengan Shouter Notification

Hal menarik lainnya selain cara sound of text di Whatsapp, adalah dengan memanfaatkan aplikasi Shouter Notification. Caranya hampir sama seperti kita menggunakan tools di atas yakni voiceoftext.com. Hanya saja untuk Shouter Notification ini dihadirkan dalam bentuk aplikasi yang bisa kalian unduh lewat Google Play. 

Itulah beberapa cara sound of text anime di Whatsapp yang bisa Anda coba. Dengan demikian, selanjutnya notifikasi yang bisa Anda dengarkan nantinya akan memberikan informasi tanpa harus melihat layar smartphone terlebih dahulu. Semoga artikel ini membantu.