Jika anda ingin membuat nada dering WA yang unik dan keren menggunakan fitur Sound of Text, anda bisa menggunakan beberapa situs yang dapat membantu membuat MP3 nada deringnya. Ada banyak situs yang dapat digunakan secara gratis, salah satunya adalah situs Vo.Codes atau yang kini telah berganti nama menjadi Fakeyou.com. pada ulasan kali ini kita akan membahas mengenai cara pakai Vo Codes dan fiturnya yang dapat membantu anda membuat nada dering WA yang berbeda dari yang lain.

Sekilas Tentang Situs Vo.Codes

 situs vo codes untuk buat sound of text suara berbagai karakter kartun
situs vo codes untuk buat sound of text suara berbagai karakter kartun

Situs yang satu ini memang sangat berguna dalam membantu membuat nada dering WA melalui fitur sound of text. Karena hanya tersedia dalam bentuk situs, Vo Codes dapat diakses dari semua perangkat. Fungsi utama dari situs ini adalah membantu mengubah tulisan menjadi suara atau yang dikenal sebagai sound of text.

Dalam situs ini kita dapat membuat aneka nada dering suara, bahkan kita dapat membuat nada dering memakai suara tokoh-tokoh kartun atau tokoh terkenal seperti Spongebob, Mr.Krabs, Goku Dragon Ball, Vegeta Dragon Ball, Bart Simpsons, Lisa Simpsons, Barack Obama, Bill Gates, Sonic, Eric Cartman, Boomstick dan masih banyak lagi.

Dengan adanya situs ini, nada dering WA yang anda gunakan sudah pasti jadi sangat unik dan berbeda dari nada dering lainnya. Ini akan menjadi nilai lebih bagi anda yang suka tampil beda.

Cara Pakai Vo Codes dan Fiturnya Yang Diunggulkan

Lihat juga: FreeTTS untuk Buat Nada Dering

cara pakai vo codes dan fiturnya
cara pakai vo codes dan fiturnya

Situs yang kini sudah berganti nama menjadi Fakeyou.com ini memiliki beragam fitur unggulan yang mampu menjadikan situs ini digemari banyak orang. Fitur unggulannya ini melengkapi fitur utama situs ini yang dapat membantu merubah tulisan menjadi suara-suara orang terkenal. Fitur unggulan tersebut adalah:

Memiliki 76 Jenis Suara Pilihan

Pilihan suara dalam situs Vo.Codes memang sangat banyak. Semua suara ini telah dibagi ke dalam masing-masing kategori sehingga mudah dicari. Total ada sekitar 76 karakter suara yang terbagi dalam kategori suara kartun dan anime, Presiden Amerika, Artis dan Selebriti, Politisi, Musisi, Streamer dan YouTuber, Suara Meme, Sains, Teknologi, Karakter Fiksi dan sebagainya.

Dapat Mengkonversi 500 Karakter Menjadi Suara

Selain memiliki banyak pilihan suara, di situs ini kita dapat mengubah tulisan dengan jumlah kata sebanyak 500 karakter menjadi suara dengan durasi beberapa detik. Umumnya situs yang lain hanya menyediakan kapasitas 200 karakter saja untuk satu kali konversi.

Cara Pakai Vo Codes dan Fiturnya Dalam Membuat Video Lipsync

Hal yang unik dalam situs ini adalah adanya fitur untuk membuat video lipsync. Sebuah video gif akan membantu kita untuk berbicara mengikuti gerak bibir tokoh dalam video tersebut. Tinggal tambahkan audio pada template video yang disediakan. Audio tersebut bisa menggunakan file MP3 dari galeri atau dari situs Vo.Codes itu sendiri.

Fitur Unduhan

Tombol unduhan pada situs ini letaknya tersembunyi sehingga banyak yang tidak menyadarinya. Untuk menemukan tombol ini, masuklah ke menu Result, dan cari file MP3 suara yang telah kita buat.

Hanya Tersedia Dalam Bahasa Inggris

Dalam situs ini hanya tersedia satu bahasa saja yaitu Bahasa Inggris. Namun jika ingin mendapatkan aksen yang lucu, kita dapat mengetik teks dalam bahasa Indonesia dan tokoh yang kita pilih akan menyebutkannya dengan aksen dan pelafalan bahasa Inggris.

Referensi lainnya: Cara Translate dengan Suara

Cara Pakai Vo Codes dan Fiturnya Untuk Membuat Nada Dering Sebut Nama

cara pakai vo codes dan fiturnya
cara pakai vo codes dan fiturnya

Langkah untuk membuat nada dering sebut nama memakai situs Vo.Codes tidaklah sulit. Untuk mendapatkan nada dering semua tokoh terkenal, caranya sama. Simak langkahnya di bawah ini:

  1. Buka browser HP, ketik situs Vo.Codes.
  2. Pilih jenis suara untuk memudahkan pencarian anda.
  3. Pilih suara yang ingin dipakai menggunakan menu Speaker Info.
  4. Ketik kata-kata yang ingin dirubah menjadi suara.
  5. Klik tombol Speak.
  6. Selesai.

Agar hasil nada dering ini lebih berkualitas, ikuti beberapa tips berikut ini:

  • Hindari menggunakan kata-kata pendek seperti Hi, Hello, Hello Baby dan sebagainya. Gunakan kalimat yang lebih panjang dan kreatif.
  • Berikan tanda baca yang sesuai agar sistem dapat membaca maksud kalimat tersebut dengan benar. Letakkan tanda titik dan koma di posisi yang benar agar pelafalan dan intonasinya juga benar.
  • Saat memasukkan kata-kata yang sulit, ubahlah ejaan nya menjadi ejaan berbahasa Inggris agar sistem dapat membacanya dengan benar.

Cara Mengunduh Sound Of Text Dari Situs Vo.Codes

Langkah yang disebutkan diatas adalah cara untuk menggunakan situs ini untuk mengubah teks menjadi suara tanpa mengunduhnya. Jika ingin mengunduhnya maka ikuti langkah berikut ini:

  1. Setelah menekan tanda Speak, masuklah ke menu Result.
  2. Menu tersebut letaknya ada dibagian atas berdampingan dengan menu TTS, Video dan About Us.
  3. Klik Play jika ingin mendengarkan hasilnya.
  4. Klik Download jika ingin mengundul file MP3nya.

Setelah mengunduh file MP3nya kini nada dering ini dapat digunakan sebagai notifikasi WA di HP. Langkahnya akan dibahas di bawah ini.

Cara Memasang Sound of Text dari Vo.Codes Sebagai Nada Dering WA

cara buat sound of text spongebob di hp tanpa aplikasi
cara buat sound of text spongebob di hp tanpa aplikasi

Langkah yang akan kita bahas berikut ini adalah memasang nada dering dari sound of text di Vo.Codes pada perangkat HP Android. Jika anda menggunakan HP iPhone maka langkah berikut ini tidak dapat dilakukan. Untuk HP iPhone teknis pemasangannya berbeda dengan Android dan akan kita bahas di lain waktu.

Langkah yang harus dilakukan untuk memasang nada dering sound of text ini adalah:

  1. Setelah mengunduh file MP3 nada dering dari Vo.Codes, pindahkan filenya ke folder ringtones.
  2. Buka aplikasi My Files atau My Folder.
  3. Masuklah ke Penyimpanan Internal.
  4. Cari folder Ringtones.
  5. Pindahkan file Sound of Text dari Vo.Codes ke folder tersebut.
Pindahkan File Mp3 Nada Dering Ke Folder Notifications
Pindahkan File Mp3 Nada Dering Ke Folder Notifications
  1. Buka aplikasi WhatsApp, masuklah ke menu Pengaturan.
  2. Buka menu Notifikasi.
  3. Klik nada Notifikasi.
  4. Pilih nada dering yang ingin digunakan.
Pengaturan Notifikasi Wa Pada Menu Lonceng
Pengaturan Notifikasi Wa Pada Menu Lonceng

Demikian ulasan Pelita.or.id mengenai cara pakai Vo.Codes dan fiturnya yang sangat membantu dalam membuat nada dering yang berasal dari suara orang terkenal. Kini situs ini bernama Fakeyou.com, meskipun berganti nama namun fungsi dan fitur situs ini tetap seperti semula saat menggunakan nama Vo.Codes.

Author