Dunia Bisnis

Ini 7 Sebab dan Ciri Bahwa Akun Tokopedia Anda Dimoderasi

Jual beli dengan sistem online saat ini memang telah booming dan banyak dilakukan oleh kebanyakan orang. Di samping cukup...

Written by Editorial · 2 min read >
online shop di tokped dimoderasi

Jual beli dengan sistem online saat ini memang telah booming dan banyak dilakukan oleh kebanyakan orang. Di samping cukup sederhana, sistem ini memudahkan pada pengusaha kecil untuk mengelola toko secara online. Salah satu platform terpercaya yang bisa dijadikan perantara adalah Tokopedia.

Tokopedia menyediakan tempat serta sistem jual beli yang aman dengan beberapa aturan tertentu. Untuk bisa membuka toko di Tokopedia, Anda harus memenuhi segala syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan. Tokopedia sangat terkenal dan banyak diakses oleh calon pembeli. Sehingga peluang Anda untuk menjual produk akan semakin besar dan menguntungkan.

Akun Tokopedia Dimoderasi

Jika tiba-tiba toko Anda dimoderasi oleh Tokopedia, artinya terdapat beberapa syarat dan juga ketentuan dalam berjualan yang belum terpenuhi. Setiap marketplace tentu memiliki aturan masing-masing, begitu juga Tokopedia. Jika Anda tidak mematuhi aturan dengan baik, maka toko akan dimoderasi untuk diteliti lebih lanjut. Berikut penyebab toko online terkena moderasi (informasi oleh vaz.biz.id).

1.      Adanya indikasi penipuan

Sebagai penjual Anda dilarang meminta password, kode verifikasi ataupun data lain yang bisa berpeluang untuk merugikan pembeli. Aktivitas seperti ini bisa diindikasi oleh Tokopedia sebagai upaya penipuan terhadap pembeli, sehingga toko Anda akan dimoderasi untuk meminimalisasi kerugian yang mungkin terjadi.

2.      Menjual produk yang dilarang

Dalam syarat dan ketentuan Tokopedia sudah tertulis dengan jelas bahwa penjual tidak diperbolehkan menjual produk yang dilarang seperti minuman keras dan lainnya. Hal tersebut dilakukan Tokopedia untuk mengajak kepercayaan pelanggan terhadap produk yang ditawarkan.

3.      Mengajak pembeli bertransaksi di luar Tokopedia

Untuk menjaga proses jual beli tetap aman dan memberikan kenyaman bagi pelanggan, disarankan untuk bertransaksi di Tokopedia. Hal tersebut harus dilakukan agar Tokopedia bisa tetap memantau transaksi yang dilakukan.

Jika penjual mengajak pembeli untuk bertransaksi di luar Tokopedia, artinya sudah melanggar aturan yang sudah diberikan. Hal ini bisa membuat toko Anda dimoderasi.

4.      Terhubung dengan akun mencurigakan

Toko yang terhubung dengan akun mencurigakan atau yang melanggar aturan Tokopedia akan dicurigai sebagai sarana manipulasi. Untuk mencegah berbagai hal yang merugikan, maka toko akan dimoderasi.

5.      Adanya indikasi manipulasi

Toko terindikasi melakukan manipulasi transaksi dalam jumlah yang tinggi, misalnya resi pengiriman tidak valid, transaksi mencurigakan dan lain sebagainya. Kegiatan manipulasi tersebut biasanya dilakukan untuk mendapatkan keuntungan pribadi seperti guna menaikkan reputasi toko maupun produk.

Kegiatan manipulasi ini bisa saja dilakukan oleh penjual dan pembeli yang telah bekerja sama. Contohnya ketika toko baru yang memiliki banyak transaksi sekaligus, maka akan dicurigai oleh pihak Tokopedia. Hal ini bisa menyebabkan toko dimoderasi.

6.      Duplikasi toko

Penjual terindikasi melakukan peniruan produk dari toko lain. Hal tersebut bisa dilihat dari judul, deskripsi serta gambar yang sama.

7.      Performa toko buruk

Jika toko Anda memiliki performa yang buruk, maka bisa saja dimoderasi. Aktivitas yang bisa mengakibatkan toko Anda dinilai buruk adalah memasukkan jumlah barang yang tidak sesuai dengan sebenarnya, mendapatkan banyak review yang buruk dan menolak pesanan tanpa alasan yang jelas.

Anda bisa mengaktifkan kembali toko yang dimoderasi dengan menghubungi pusat bantuan yang disediakan oleh Tokopedia. Namun pastikan bahwa toko Anda tidak akan melanggar aturan lagi, karena jika toko kembali dimoderasi secara berulang kali maka Tokopedia berhak untuk menonaktifkan toko secara permanen.

Jika toko dinonaktifkan secara permanen artinya Anda tidak bisa lagi berjualan di Tokopedia. Padahal peluang penjualan di Tokopedia sangat besar. Kondisi tersebut tentu bisa merugikan bagi Anda. Untuk itu ketika ingin memulai berjualan online, sebaiknya Anda telah berkomitmen untuk memenuhi aturan yang berlaku di Tokopedia.

Credit image: seller.tokopedia.com

Leave a Reply