Pendiri Indomaret
Dunia Bisnis

Sudono Salim: Jejak Pendiri Indomaret dalam Industri Ritel Indonesia

Indomaret adalah salah satu jaringan minimarket terkemuka di Indonesia yang didirikan pada tahun 1988. Pendiri Indomaret adalah Sudono Salim, seorang pengusaha sukses asal Indonesia yang juga dikenal sebagai Liem Sioe Liong.

Sudono Salim, yang lahir pada tanggal 16 Juli 1916 di Semarang, Jawa Tengah, memiliki perjalanan yang luar biasa dalam dunia bisnis. Ia berasal dari keluarga Tionghoa-Indonesia dan memulai kariernya di dunia perdagangan pada tahun 1930-an. Pada awalnya, ia berbisnis di sektor pertanian dan perkebunan kelapa sawit.

Pada tahun 1940-an, Sudono Salim memperluas bisnisnya ke sektor perbankan dengan mendirikan Bank Central Asia (BCA). Namun, pada tahun 1958, BCA dinasionalisasi oleh pemerintah Indonesia, dan Sudono Salim mengalihkan fokusnya ke bisnis lain.

Pada tahun 1988, Sudono Salim mendirikan Indomaret dengan membuka gerai pertamanya di kawasan Cikini, Jakarta Pusat. Konsep minimarket yang diperkenalkan oleh Indomaret menjadi terobosan dalam industri ritel di Indonesia pada saat itu. Dengan harga yang terjangkau dan keberagaman produk yang ditawarkan, Indomaret berhasil menarik minat konsumen Indonesia dan memperluas jaringannya dengan cepat.

Sudono Salim tidak hanya mengembangkan bisnis Indomaret, tetapi juga mendirikan Salim Group sebagai induk perusahaan yang mengelola berbagai bisnis di sektor makanan dan minuman, perkebunan kelapa sawit, otomotif, properti, dan lainnya. Salim Group menjadi salah satu konglomerat terbesar di Indonesia dengan pengaruh yang signifikan dalam perekonomian negara.

Sudono Salim meninggal dunia pada tahun 2012, namun warisan dan visinya dalam mengembangkan Indomaret tetap hidup. Keluarga dan manajemen Salim Group terus melanjutkan jejaknya, termasuk Anthoni Salim, putra Sudono Salim, yang menjadi salah satu tokoh terkemuka dalam bisnis dan memainkan peran penting dalam mengelola dan mengembangkan Indomaret sebagai bisnis ritel yang menyerupai waralaba Walmart di US sana.

Lihat dan baca:  3 Cara Cek Lowongan Kerja Kurir SiCepat

Rekam jejak Sudono Salim sebagai pendiri Indomaret mencerminkan keberhasilannya dalam membangun perusahaan yang sukses dan berkontribusi dalam pertumbuhan sektor ritel di Indonesia. Indomaret, sebagai salah satu brand yang dihasilkan dari visi dan usaha beliau, terus menjadi pilihan utama bagi masyarakat Indonesia dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka.

Posted by
Agus Hendarko

Menulis hal yang bermanfaat. Penulis lepas di berbagai media online dengan pengalaman menulis lebih dari 5 tahun.